Copyright © Cerita Mila
Design by Dzignine edited milaizzatul
Monday 31 December 2012

2012 to 2013

Alhamdulillaaaaaaaaaaaaah...
Sebelum nulis panjang lebar gue mau bersih-bersih blog gue ini yang udah berdebu, banyak sarang laba-laba,  kecoa, sampe ada gelandangan bangun rumah kardus di sini -__- yak semua gara-gara hidup baru gue bersama warna kuning, biru-hitam, dan hijau (baca: UI, FMIPA, dan Departemen Fisika) hummmft
Yeaaaaa tak papa. Sebenernya gue sering kok nengok blog gue ini, buktinya ada 10 posts yang teronggok menjadi draft sebelum postingan ini di publish. wohoho.

oiya
WELCOME 2013!!!!
waaaaaaa gak nyangka gue harus meninggalkan 2012 yang tentunya penuh dengan air mata yang bercucuran dan tawa yang meledak-ledak. ah gila! 2012 itu tahun dimana episode hidup gue udah berganti. #azek.
Seperti biasa, gue mau nulis kaleidoskop 2012. cekidot

Januari
Bulan ini diawali dengan ucapan Hamdallah karna Allah masih mengizinkan gue memasuki pintu 2012 yang pastinya menjadi tahun penuh penantian. Minggu pertama di tahun ini diisi dengan suatu kegiatan luar biasa yang gue dokumentasikan di postingan ini --> Geng Calon Isteri Solehah aaamiiiiin . Acara ini membawa oleh-oleh suatu cerita yang bikin gue kepooooo banget dan gue usut sampe setengah bulan -_- naasnya ke kepoan gue gak terjawab juga hmmm.
Oiya sebenernya di awal tahun ini gue punya niat buat rajin tiap hari nulis buku diary. tapi cuma bertahan 1 bulan dan selanjutnya gue gak sempet nulis diary lagi. :D
Terus kegiatan gue selanjutnya di bulan ini diisi dengan memeringkat rapot semester 3,4 dan 5  satu angkatan gue di SMA. wahahah rajiiiiiiin parah ya, bukan rajin sih, tapi *lagi-lagi* gue kepo. Jadi persyaratan untuk dapet jatah SNMPTN Undangan 2012 itu, semster 3,4 dan 5 kalo di total masuk 100 besar angkatan. Berhubung (katanya) pengumumannya akhir bulan, gue gak mau penasaran terlalu lama. Guru BK gue ngasih tugas ke setiap sekretaris kelas buat ngerekap rapot 3,4 dan 5 temen-temen sekelasnya. Nah! Gue yang waktu itu jadi sekretaris kelas XII IPA 4, dengan sigap bikin rekapan trus dengan inisiaif yang kelewat batas gue mintain data rekapan seluruh kelas XII IPA. hahaha. Dengan menggunakan sedikit keahlian excel gue, TARAAA!! gue dapet urutan nilai rapot angkatan IPA dari yang tersuper keren sampe' yang keren aja. Trus gue di posisi berapa? Alhamdulillah masih 10 besar angkatan, tapi kebahagiaan gue ini hanya kebahagiaan semu yang pada kenyataannya tak sebahagia yang gue kira.

Oiya menurut buku diary gue, di bulan ini gue pengeeeeeeeeeeeeeen banget jadi mahasiswa Teknik Fisika ITB. sedap ya.  tapi lihat keinginan gue setelah bulan menempuh satu putaran mengelilingi bumi ....

Februari
Bulan ini diawali dengan doa-doa terbaik untuk bokap gue yang milad :)
Tanggal 4 di bulan ini ada suatu kegiatan yang rock bangeeeeeeet yang gue abadikan di sini --> warna-warni Duit Haram. Hari itu gue bener-bener seneng banget, berasa kayak udah dapet PTN haha.
Hal selanjutnya adalah Try Out Try Out dan Try Out. TO pertama gue waktu itu nyangkut di 50 besar angkatan -__- hah
Keinginan gue untuk masuk ITB langsung keapus bersih setelah nyokap gue bilang "Kamu mau ke ITB? hmmm kok feeling mama kamu pakek Jaket Kuning ya?" waaaaa sebenernya gue juga ragu-ragu antara ITB sama UI tapi kalo nyokap udah bilang gitu (nyokap gue feelingnya selalu tepat) ya udah gue penuhi hati dan otak gue dengan warna KUUUUNIIIIIING hehee. sayangnya nyokap gue gak punya feeling Makara di Jakun gue warna Biru apa Biru Hitam jadinya gue masih bingung antara Teknik Kimia atau Fisika MIPA. hadeeeeh
Pertengahan bulan ini gue sempet posting tentang Lima Perspektif (potingan yang sampe detik ini janji gue di akhir postingan itu belum terpenuhi -__-)

Maret

posternya karya gue loh
mahakarya
Awal bulan ini, tanggal  2 Maret ada cerita tentang pagelaran karya seni yang diadain kelas XII buat tugas akhir pelajaran Seni Rupa. Gue bikin patung keranjang buah yang isinya 2 + 2/3 jeruk. dan gue beri judul "Dua, dua per tiga"  Why? Soalnya pameran patung itu gue buat saat gue udah menempuh segala suka dan duka mnimba ilmu di SMA 48 Jakarta selama dua tahun lebih 2/3 tahun. wakakak adaaaaaa~ aja.
Terus bulan ini gue udah melempar kail pancing nih. Mancing apaan? Mancing PTN!!

Gue udah ngisi formulir SNMPTN Undangan 2012 dengan pilihan
1. Teknik Kimia Universitas Indonesia
2. Fisika Universitas Indonesia
3. Statistika Universitas Brawijaya
4. Geofisika Universitas Brawijaya
Saat itu gue sangat amat berharap lulus di salah satu dari 4 pilihan gue itu.

April
pasukan ULTRAINTACTO
Tanggal 9 April-nya itu hari terakhir kelas XII ikut Upacara Senin. huhuhuhu. Petugasnya semua dari kelas XII dan gue jadi salah satu pasukan pengiring pengibar. hehehe pas upacara 17an pertama gue di SMA 48, gue jadi pasukan pengiring pengibar bendera, di upacara terakhir juga. azeeeek. #hatimerahputih
@ dufan
Trus tanggal 16nya nyokap gue ultah tapi hari itu lebih banyak doa yang diucapkan nyokap gue untuk gue dari pada doa gue untuk nyokap kayaknya -_- karenah gue musti berjuang untuk melalui Ujian Nasional yang suasannya gue abadikan disini --> Se! Le! Sai!
dan di akhir bulan tepatnya tanggal 23, gue dan anak-anak XII IPA 4 menghabiskan waktu ngebocah di Dufan ekekekek

Mei
Jeng-jeng *kalo di sinetron-sinetron musiknya mulai horror* yak bulan horror di 2012. kenapa?
gue rasa postingan 4 days in May dan I'm still waiting... udah mewakilkan sebagian besar cerita di bulan itu.
Ekspektasi gue di bulan-bulan sebelumnya tentang SNMPTN Undangan ternyata terlalu besar sampe gak mungkin untuk terwujud. hemmm. sejak saat itu warna kuning di pikiran gue mulai samar-samar -___-
dan semua yang terjadi di bulan Mei 2012 membuat ada yang kurang di farewell ULTRAINTACTO!! tanggal 31 Mei 2012.

Juni
kejutan 18 tahun dari sahabat MIRROR
*musik paling horror* mustinya sih gue seneng dan bahagia di bulan ini. soalnya gue masih dikasih kesempatan hidup sejauh ini, 18 tahun. tapi masuk ke bulan Juni di tahun 2012 ini sama kayak masuk ke medan tempur. ada satu draft berjudul "I did it!" yang isinya cerita gue waktu menghadapi SNMPTN Tulis. tapi entah kenapa post itu tetep menjadi draft, mungkin  tak ditakdirkan untuk dishare seperti hasilnya yang tak ditakdirkan untuk menciptakan tawa bahagia di bulan berikutnya hmmmft. T__T
So? How about my Milad? Tiramisu cake jadi pemanis hari lahir gue waktu itu. dan doa-doa di hari itu mungkin turut andil menciptakan keajaiban di bulan berikutnya.

Juli
suasana ALERT2012
tanggal 1 sampe 3-nya gue pengabdian masyarakat. ahhaa bahasanya sok berat dah. gue jadi panitia ALERT 2012. Seperti biasa diamanahi jadi Bendahara dan Timnas (Tim Nasi) huahaha. Kebahagiaannya itu membekas banget tapi gak lama.
karna di tanggal 6 -nya , hari yang gue harapkan udah bisa menyeka keringat perjuangan menuju PTN, ternyata harus menyambuk gue buat berlari lebih kuat lagi di medan yang lebih gila lagi. T______T kegagalan di SNMPTN Undangan dan SNMPTN Tulis membuat bulan Juli 2012 adalah bulan yang paling krusial --> Sembilan Pintu Masa Depan. Gue dan orangtua gue harus mondar mandir kesana-kemari nyari "kunci pintu masa depan gue". jujur ini hal yang pernah gue amit-amit-in dari dulu. Dan waktu itu makara kuning udah bener-bener lenyap dari otak gue karna mengandalkan SIMAK sama aja mengandalkan keajaiban datang. Tapi ya memang manusia ini kan lemah, dan Allah itu Mahakuat. jadi jangan pernah berhenti berharap keajaiban datang karena Alhamdulillah tanggal 19 Juli 2012 menjadi hari yang 180 derajat dari 13 hari sebelumnya, hari dimana sudah seharusnya gue bahagia karna itu menyambut bulan Ramadhan, dan kebahagiaan gue ditambah lagi dengan munculnya nomor
2014800583
di koran Kompas halaman 38. postingan Akhir Untuk Awal yang Luar Biasa itu bener-bener  postingan yang gak boleh dihapus dengan alasan apapun. arsip nasional tuh! haha. Harus diakui kalau feeling nyokap gue memang luar biasa. ^^
Tanggal 25 Juli ada pengumuman lagi kalo gue lulus (juga) di Teknik Bioproses Universitas Brawijaya. huaaaaa ~(^o^~) (~^o^)~
Bulan ini ditutup dengan registrasi calon mahasiswa menjadi MAHASISWA, gue ulangi MAHASISWA dan welcoming maba yang isinya sosialisasi awal tentang kemahasiswaan. Gue gak akan pernah lupa pertama kali gue melihat wajah-wajah kakak tingkat gue di FMIPA khususnya di Fisika. Hari itu di stand fisika gue liat kak Fathan, kak Kamal, kak Taufik, kak Ganes dan pastinya banyak lagi (berhubung yang berinteraksi sama gue cuma itu, ya yang lain gue belum kenal) dan pastinya sekarang gue bagian dari mereka :") *terharu

Agustus
logo OKK UI 2012
berdasarkan diary gue, gue nulis "semoga di bulan ini gue mendapatkan hal-hal spektakuler yang belum pernah gue dapetin sebelumnya." yeah memang di bulan ini hidup gue sebagai Maba is begun! Diawali dengan  'boyongan' dari rumah ke kost-an di tanggal 3 Agustus, dan tanggal 4-nya tepatnya jam 15:24 WIB dengan membaca basmallah dan Al-Fatihah gue melunasi janji gue di postingan Bedah Impian, gue memasuki Departemen Fisika FMIPA UI untuk yang pertama kalinya. (ini gak lebay, tapi ya beginilah bahagianya gue waktu itu) Kesibukkan gue selanjutnya adalah Ospek tapi bukan ospek biasa. (sumpah gue darri dulu pengen bikin postingan tentang Ospek gue di UI tapi kok gak jadi-jadi saking banyaknya hal yang harus gue ceritain) yang jelas singkatnya, gue perlu melewati
logo PSAF MIPA 2012
  1. Latihan paduan suara se-angkatan 2012 buat dinyanyiin dihari wisuda semester genap 2012 para senior-senior kita,
  2. Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) tanggal 6-10 Agustus, ini orientasi sistem belajar di UI. gue bisa punya temen dari fakultas lain meski waktu itu temen-temen sekelas gue banyak yang dari FT. hmmm
  3. Orientasi Kehidupan Kampus (OKK)  anggal 11 dan 18 Agustus, nah kalau OBM itu tentang kurikulum, kalo OKK ini tentang kemahasiswaan. ini lebih asik dari pada OBM -__- #yaeyalah di event ini gue bener-bener sadar kalo sayang banget gue masih hidup ala siswa di kampus. mending hidup ala mahasiswa dengan segala amanahnya :) dan tugasnya tuh "woh" banget, salah satunya ini >__> http://www.youtube.com/watch?v=WAez2XJEDwg
  4. Perkenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) tanggal 13-14 Agustus. kalo OKK itu tingkat Universitas ini tingkat Fakultasnya. satu kata buat PSAF : "NGEFEK!!" *ngefek apa mil? #eh*
yep, itu ritual penyambutan Mahasiswa Baru yang pastinya udah dipikir dari jauh-jauh hari sama kakak-kakak yang mulia hatinya *halllah miiil* dan berhubung semua ini dilakukan bertepatan dengan bulan Ramadhan, jadi kesabaran bener-bener diuji.  -___-

September
3 September 2012 adalah awal gue bertransformasi seutuhnya dari siswa menjadi mahasiswa. hahaha *ketawa powerranger* hari itu awal gue mengais-ngais nilai di semester satu. dengan tujuh matakuliah ( Fisika Dasar I, Fisika Dasar II, Matematika Dasar I, Metode Statistika, MPKT Sains, MPK Bahasa Inggris dan MPKS Kaligrafi) meski perjalanan gue udah di mulai tapi si ritual penyambutan Maba belom kelar loh sobat -______-. masih ada hidangan yang perlu dicicipi :
logo OPT Quark 2012
Orientasi Perguruan Tinggi Quark (OPT Quark) sampe' sekarang gue gak ngerti kenapa namanya OPT Quark *maap qaqa* ini berlangsung di tanggal 14,15, 21, 28, dan 29 September 2012. memang ini ritual terlama, terbanyak tugasnya, terrempong, tercapek, tergila, terasik, terbanyak ilmu yang didapet, terWUUUUUUUAAAAAAAAAAUUUUW. Akhir dari OPT Quark ini lah awal dari diterimanya gue dan angkatan 2012 lainnya menjadi penghuni baru sekaligus calon pemegang tongkat estafet ke-fisika-an di UI dan di Indonesia *hazzzek* #guekenapadeh dan dari OPT Quark 2012 ini gue baru tau betapa berjayanya mahasiswa Fisika ditahun 2012. kenapa? Ketua BEM UI 2012 >> kak Faldo Maldini (Fisika Instrumentasi & Elektronika), Imam SALAM UI i5 >> kak Ys. Gunawan (Fisika Medis), Ketua BEM FMIPA UI 2012 >> kak Rivan Tri Yuono (Geofisika), dan kakak-kakak pemangku jabatan lainnya dari fisika yang gak bisa kesebut satu-satu (bilang aja gak tau namanya mil -_-). ckckck. gue jadi ketua apa ya enaknya? ^^v

Oktober
Diawali dengan ikutsertanya gue di suatu ritual penyambutan (lagi) dari MII!! Mila Izzatul Ikhsanti!! *bukaaaan!!* dariii Mushollah Izzatul Islam-mipa! itu LDF-nya MIPA gituuuu. Nama Acaranya CAMMII (Calon Anggota Muda MII) Lumayan nambah ilmu ikut acara ini hehehe. oiya, MII nih, salah satu hal yang memanggil gue ke MIPA kali yak. dan seumur hidup baru sekarang ini gue punya nama panggilan selain "Mila" yaitu "MI-I" haaaah
waktu FUSI di Curug
Tanggal 12-14 ikut Forum Ukhuwah Scientist Islam (FUSI) semacam dauroh dari Rohis Fisika. Kece banget deh acaranya cuma bikin sedih. biasanya kalo dauroh di sekeliling gue ada temen-temen Rohis gue, dan sekarang semua wajahnya udah berubah bukan mereka lagiiii T_____T satu-satunya yang sama di acara ini adalah di balik hijab ada yanis -_________-
poster PRF2012
Seminggu setelah itu tepatnya tanggal 19-20 gue ikut kontribusi di acara terbesar dan bergengsi seantero jagat rayaa *lebay -_-* Pesta Rakyat Fisika atau (PRF 2012). Terselenggaranya acara ini sekaligus terkabulnya doa gue satu tahun yang lalu "Ya Allah pengen banget PRF 2012 mila bisa jadi salah satu panitianya." Alhamdulillah terkabul sobat! jadi Staffnya kak Annisa Noorhidayati di bagian Entertain.hihihi acara ini dibawah koordinasi kak Rizal Ferdiansyah (kakak tingkat yg gue takutin sampe' sekarang pasca beliau jd Komdis OPT. bahkan ngomong pun sm beliau gue gk berani ._. #gaktaukenapa) keren banget ternyata anak fisika UI tuh. wahwah.
minggu depannya gue menyelesaikan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) buat syarat lulus IKM Aktif 2012. Judul PKM yang gue, ridwan, doni, dan arfi garap dengan bimbingan kak Fathan ini adalah Bangkot : Batik on Angkot. hahaha lagi-lagi gue berharap pada keajaiban yang meloloskan kami ke Pimnas. #ngakakduludeh abis itu tanggal 26 nya Idul Adha :) #makanmakanmakanmakan
Selanjutnya gue harus menerima kenyataan bahwa hidup gue di UI udah memasuki pertengahan semester dan artinya saatnya mengikat kepala dan mengambil pensil runcing untuk menghadapi UTS di minggu terakhir bulan ini #hooosh

November
Diawali dengan ikutnya gue di acara Islamic Science Day 2012 dari MII tanggal 3. Lumayan dapet ilmu tentang Higgs Boson di acara Talk Show-nya. heheeee
minggu depannya tanggal 8 dan 9 menyiksa pita suara gara-gara jadi suporter Fisika UI 2012 di Maba Competition. Alhamdulillah gak sia-sia deh usaha ber-joule-joule karna kami jadi Suporter terbaik dan memenangkan juara 3 lomba nari tradisional dan juara 2 lomba aransemen musik.
seru2 bareng pas KAPSUL
Kebersamaan kami gak hilang seiring tenggelamnya jupiter di ufuk barat broo, karna keesokan harinya kami masih semangat untuk KAPSUL! (Keliling Kampus UI Loh!) acara ini jalan-jalan ngider-ngider UI sambil jualan buat menggalang dana Silakbar di bulan berikutnya. Rencana: Bawa jajanan untuk dijual ke masyarakat yang suka jogging. Realisasi: dibeli sama temen seangkatan sendiri. terutama diborong sama yang lagi ulang tahun atau yang ketebalan dompetnya lagi diatas rata-rata trus dimakan rame-rame. -__- begitulah kisah mahasiswa, sangat memaknai arti penting dari kata GRATIS!
Di bulan ini UI lagi cetar membahana badai halilintar angin tornado meeen. Lagi seru-serunya OLIM UI trus kampanye calon pemimpin-pemimpin Mahasiswa di UI juga. 
Gue sendiri gak cetar gara-gara dua ajang itu. cuma sekedar berdoa buat Mipa dan kakak-kakak yang "layak" jadi pemimpin biar menang. Yang buat gue cetar itu  Poster Fisika Dasar I. Gue, Tutta, Linda dan Zanky mengangkat topik tentang Kapal Selam Nuklir. Tugas ini sederhana tapi entah kenapa jadi berat banget, mungkin gara-gara beban karna kata senior tugas ini membantu banget untuk kelangsungan IP Fisika Dasar I dan mungkin juga karna kelompok gue yang kurang kompak. hmmm. untungnya ya gue sedikit dapet ilham tentang teori nuklir dari kak Fera Gustina Purwati (Fisika Nuklir & Partikel) dan tentang KSN dari kak Muhammad Ryan Fauzi (Geofisika). *terimakasih kakak-kakak*
Alhamdulillah dengan kekuatan bulan dan bintang presentasi poster tanggal 28 berjalan dengan sukses meski kata dosennya "kalian ini aneh -__-" gara-gara poster gue lebih cocok di pajang di taman kanak-kanak dibandingin di kampus *plis kasih tau gue TK mana yang majang poster nuklir. plis kasih tau gue*

Desember
Diawali dengan pertandingan Indonesia vs tetangga sebelah yang melihara harimau. dan naasnya dimenangkan dengan tetangga sebelah ituh -___- yaaaa tak papa, semoga jadi pelajaran untuk internal PSSI karna mau gimana pun sifat kekanak-kanakan mereka mempengaruhi pemain bung.
Kejadian naas juga menimpa gue di tanggal 3-nya. gue kehilangan kunci motor yang disinyalir jatoh di jalanan margonda gara-gara gue lupa gak nyangkutin tali kunci motor gue ke spion. haduuuh. itu bad day banget sumfeeeh. ternyata gue mewarisi kebiasaan chairmate gue kelas XII si Zia -____-
minggu awal di bulan ini UI lagi-lagi cetar membahana dengan UI Art War 2012. Gue sempet nonton tim Teater dari FMIPA. wahwahwaaaa~h sip banget teaternya, meski gak menang. selain UI Art War 2012 awal pekan bulan ini lagi periode e-Vote. eh mameeeeen deh sistem Pemira UI 2012 nih. e-Vote-nya dirancang sedemikian rupa kerennya. ckckckk tapi gue rada kesian sama laptop-laptop yang di pakek buat e-Vote di TPS, panas banget gila udah kayak setrikaan.
Terus di bulan ini kemaren blog gue sayang blog gue malang ini sempet error. hwwwwrrrr ngambek kali ya kelamaan gak di update. Untungnya gue punya sahabat yang super banget macam Raisha Abdillah, gak sia-sia tu anak masuk Fasilkom UI huakakak.
9 Desember ini gue juga dapet kabar duka yang bikin shock banget. temen gue yang selama kelas XII duduk di depan gue. Selalu gue ledekin, gue isengin, gara-gara kebiasannya bersama bedak, harus pergi selama-lamanya. selama-lamanya. gak kembali lagi. Ester Tamauli, gue gak nyangka kontraknya di bumi habis secepat ini :"(
Berlanjut ke hari esok, gue ikutan ambil bagian di Buletin BEM MIPA. berhubung waktu itu pengen daftar SUMA UI tapi gak kesampean dan udah ilang nyali duluan, -_- jadi gue memutuskan untuk ribet di fakultas dulu. hehehe sama lah kayak MII, gue nanti mau gabung di MII berhubung gue khawatir gak kuat kalo di SALAM UI. haha kenapa coba?
suasana SILAKBAR FISIKA 2012
Cerita selanjutnya ada di tanggal 14, SILAKBAR FISIKA 2012 untuk pertama kalinya Fisika UI 2012 bikin hajatan yang murni dibikin oleh kita-kita. Acara ini dibawah koordinasi Ahmad Maulana. Mahasiswa yang sangat amat sabar. hahah dan disini gue berperan sebagai sekretaris. sempet dag-dig-dug juga, khawatir kalo acaranya berantakan dan semua senior kecewa dan angkatan 2012 bakal diospek lagi sampe satu tahun dan ternyata ospeknya gagal dan angkatan 2012 di-skip -______- amit-amit deh. untungnya acara berjalan dengan lancar dan semua senior tidak ada yg kecewa dan angkatan 2012 gak bakal diospek lagi sampe setahun dan kami pun live happily ever after. ^^
Lanjot lah ke akhir dari perjalanan 2012 ini ditutup dengan UAS. sulit dipercaya bahwa bumi memang sangat ngebut mengelilingin matahari. kayaknya encok pasca ospek baru aja sembuh, udah UAS aja ternyata. semoga IP gue keceeee yaaaa. aamiiin. oiya di bulan UAS ini film-film lagi bagus-bagus looooh huaaaa penggoda banget. dan oh iyam tanggal 22 kemaren gue bikin mahakarya loh di UAS MPKS Kaligrafi.
kaligrafi karya gue dan sekelompok
yaaaaaaap begitulah sedikit cerita mila sepanjang 2012 yang warna-warni bangeeeeeet. tahun ini gak akan pernah terlupakan pokoknya. berhubung ini postingan udah panjang banget dan gue juga udah mulai heran kenapa kau tahan membaca postingan ini sampe' akhir, gue tutup dengan lafadz
hamdallah ... Alhamdulillahirabbil aalamiin
istighfar seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya, karna dosa selama satu tahun gak akan bisa terhitung lagi.
dan basmallah.... Bismillahirahmanirahiim... siap! semangat! menyongsong matahari 2013! :D

*ambil buku metode statistika.. belajar buat UAS lagi*

1 komen:

waktunya komentaaar