Copyright © Cerita Mila
Design by Dzignine edited milaizzatul
Sunday 4 December 2011

Bedah Impian

2012, I will come back as your student!!
aamiiiin Ya Rabbal Alamin
hey hey heeeey!!
keren ya opening postingan gue kali ini, kayak "sesuatu" banget gue ngetik kalimat itu. emang gue ngarep parah bisa mewujudkan impian gue yang satu itu.

Jadi, postingan kali ini merupakan efek dari kegiatan gue kemaren, gue kemana? gue ikut Bedah Kampus Universitas Indonesia 2011. Suatu event yang semula gue gak pengen ikut. tapi karena entah ada angin apa gue berubah pikiran untuk membeli tiketnya seharga Rp 25.000,- dihari terakhir pembelian -________-" alhasil gue cuma beli tiket untuk 1 hari.

Langsung aja ya gue cerita
Pagi jam 7.00 gue bersama Bela Filmaeda, Helena Shelly, Wischa Tsaniya sama Febri Trian (Iyang) berangkat bareng ke UI Depok dianter bokap gue yang baiknya luar biasa tiada terkira. (halah) 
Perjalanan untungnya lancar, malah kita ketemu macet pas udah sampe' jalan Lingkar Kampus UI. Gila! rame parah! gue mulai pusing deh kalo ngeliat orang banyak. 
gedung rektorat UI
sekitar jam 7:45 gue udah nyampe' di Balairung UI disamping gedung rektorat yang jadi kebanggaan UI itu loh. waaaaaah gue mulai merasakan bau-bau keseriusan kampus.
Gue dan ke-empat temen gue mengurungkan niat buat segera registrasi, tapi nungguin temen gue si Luthfiya Rizki (Kiki) dan Fauziah Chaira yang katanya masih di jalan.
sekitar jam 8 Kiki muncul bersama cowoknya. Terus kita nungguin Zia lama banget di tempat Bazaar. Kita bela-belain gak ikutan antri registrasi dan membiarkan antrian panjaaaaaang banget demi nungguin kawan kita yang satu itu.
keriwehan di depan Balairung UI
Jam 8:20 gue sms Zia, dan gue kaget pas Zia bilang "bisa gila gue mil ngantri sepanjang ini."
APAH?!@#$%^ jadi die yang baru dateng udah antri sedangkan kita yang udah dateng dari tadi menjamur nungguin dia? Ya ampuuuuuuun. akhirnya dengan perasaan yang sangat amat tabah, kita bertuju baru mulai menyusuri antrian yang panjangnya udah akut. 
Jam 09:00 kita baru dapet tempat duduk di tribun DD2 Balairung. waktu itu lagi acara talkshow sama TransCorp gitu.
Jam 11:00 kita keluar dari Balairung. Sebenernya Stand Fakultas udah dibuka dari jam 9 tapi karena ramenya bikin enek, jadi rombongan gue bertujuh yang sekarang jadi berdelapan sama Zia, memutuskan untuk antri (lagi) beli tiket Hello Faculty keberangkatan jam 1 siang.
kepadatan stand fakultas
Selama nunggu dari jam 11 sampe' jam 1. kita iseng jalan ke bazaar, beli pin, beli stiker, ngeliat pernak - pernik dan tak lupa untuk makan siang. Kita serentak makan soto mie seharga Rp 10.000 eheheh.
Abis makan kita sholat. hemmm panas banget kemaren. padahal biasanya ujan. tapi mending kepanasan sih dari pada keujanan.

Selesai sholat gak kerasa udah jam 12:40. kita jalan ke tempat Bis Kuning yang buat Hello Faculty parkir. Yah, namanya juga Indonesia, di tiket jadwalnya jam 13.00 berangkat, tapiiiiiiiiiiiiii jam 13:20 baru deh BiKun berangkat hmmmmm -_________-. Gue, zia, wischa, iyang ikut rute B yang ke Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Kesahatan Masyarakat & Gizi (FKM) dan Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sedangka Kiki dan Bela ikut rute A ke Fakultas Psikologi sama apaaaa gitu, trus Hele dan cowoknya kiki ikut rute C ke fakulas-fakultas teknik gituuuuuh.

Kampus gue 2012 AAAMIIIIIN
Pertama di FIK, kita di sambut oleh 2 orang kakak cewek dan 1 orang kakak cowok. Ketiganya pakek almet kuning UI. Kita diajak keliling kampus FIK, kesan gue di kampus ini adalah kalo gue masuk sini, gue bisa makan rambutan gratis karena banyak banget pohon rambutan di halaman belakang kampus. hahaha
Kedua di FKM, aduuuuuuuuh, ini kampus girly banget sumpeh! dindingnya dominasi warna ungu gituh. mungkin kalo ada cewek pencinta warna ungu, tanpa pikir panjang dia langsung pengen masuk FKM UI dan setelah dia jadi mahasiswa FKM UI, dekan-nya pengen cat tembok kampusnya di ganti warna merah item dan cewek itu langsung terjun dari genteng -_______-"( apaan sih mil?)
Ketiga di FMIPA, kita disambut oleh seorang kakak cantik berjilbab hitam beralmet kuning dengan pandangan yang tajam dan muka serius. Rombongan kita yang tadinya berisik banget langsung diem hening sunyi senyap pas nyampe' FMIPA. Asli deh, beda banget sama kakak-kakak di dua fakultas sebelumnya. tapi emang wajah anak-anak FMIPA kayak gitu kali yak. serius-serius O.O apa jadinya kalo gue masuk situ yak. 

Gue sampe' bisik - bisik ke Zia "zi, kayaknya sebentar lagi kita disuruh push-up deh." -,.....,-
Sama seperti sebelumnya, kita diajak keliling-keliling kampus. Dari 2 fakultas tadi, ini yang paling luas, ya iya lah departemennya banyak. Gue nyariiiiiiii aja departemen impian gue, Departemen Fisika. Gue menyusuri koridor fakultas sambil ngebaca poster-poster pemilihan BEM yang terpampang dimana-mana. gak lama mata gue menemukan tulisan di samping kanan gue. 
DEPARTEMEN FISIKA
Itu tulisan bersinar - sinar dimata gue, gue langsung keluar barisan dan foto di depan tulisan itu. Yang ngefotoin Zia. terus dalam hati gue bilang sama tulisan itu "tunggu gue ya, gue bakalan jadi mahasiswa lo." aaaaaamiiiiiiiin Ya Allah.
Abis gue foto eeeeeeeh ada yang keluar dari ruangan itu sambil ngomong "Eh! ada Halimah!" rupanya itu kak Akhmad Musthafa Kamal, senior gue di SMP dan di SMA sekaligus di ROHIS. baru tau gue kalo tahun ini kakak itu ternyata berhasil jadi mahasiswa Fisika UI. Oiya, nama Halimah itu, nama kakaknya Zia yang jadi temen satu angkatan kak Kamal pas SMA. wahwahwah kalo gue tahun depan masuk Fisika UI (aaamiiiin) berarti kak Kamal jadi senior SMP, SMA, ROHIS dan Kuliah. (hayah!)

Perjalanan gue berlanjut, gue sempat ngeliat Departemen Farmasi, Departemen Biologi dan Departemen Matematika, yang lainnya gue gak liat. sebenernya gue gak hanya pengen masuk ke wilayah FMIPA tapi pengen masuk-masuk ke Departemen Fisika juga. (sabar mil, tahun depan lo tiap hari bisa keluar masuk situ. aaaaaaaaaaa!!!)
stand Departemen Fisika

Selesai Hello Faculty, kita ber empat yang telah jadi berlima setelah ketemu Hele, kembali masuk ke Balairung. Ya ampuuuuuuuun masih penuh , tapi yaaaa udah gak sesak. saatnya kita menggali sebanyak - banyaknya informasi tentang fakultas yang kita pengen kita tuju.
Yang pertama dan utama adalah, gue ke stand Fisika tentunya, gue pertama dilayani sama kakak cewek berambut keriting, gue nanyak segala hal yang gue pertanyakan tentang kampus impian gue ini. gue minta jelasin satu - satu tentang peminatan yang ada di Departemen Fisika.

Reviewnya kayak gini:
Jadi, departemen Fisika itu salah satu dari 6 departemen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI. Dari tahun pertama kita masuk ke UI, itu udah langsung masuk ke departemen masing - masing. Semester 1 sampe' semester 4 kita masih sama-sama belajar fisika secara keseluruhan. Nanti di semester 5 baru deh ada yang namanya Konsentrasi atau Peminatan Jurusan. Di Fisika, ada 6 peminatan:
  1. Fisika Instrumentasi
  2. Fisika Material
  3. Fisika Condensmatter (Zat Mampat)
  4. Geofisika
  5. Fisika Medis
  6. Fisika Nuklir dan Partikel
Karena gue tertarik ke Geofisika dan Fisika Medis gue tanya deh tentang itu.
Geofisika itu mengarah ke geologi (kebumian), kebanyakan nanti bakal bekerja di perminyakan. tapi gak menutup kemungkinan buat kerja di selain perminyakan.Kalo Fisika Medis mempelajari sesuatu yang bisa diaplikasikan di dunia Medis. jadi kalo menurut gue itu, bikin alat - alatnya kedokter gitu. 
Terus kan gue tanya ya "kak kalo suka sama Astronomi milihnya peminatan apa ya?" dan jawabannya adalah .............. Fisika Nuklir dan Partikel. 
Jujur ya, dari pertama gue tau peminatan Nuklir dan Partikel nih gue udah pandang sebelah mata, soalnya gak mungkin banget gue berkecimpung di cabang fisika yang menurut gue paling gila ini. 
"tapi, yang masuk fisika Nuklir dan Partikel ini sedikit, paling cuma 10 orang satu angkatan." buahahaha, yeyalah, gue ketawa dalam hati. kata kakaknya yang paling banyak itu Geofisika.
Abis itu gue tanya menyangkut beasiswa, kata kakak energik yang serba pink, "beasiswa di UI bergelimpangan, banyak banget. Yang penting IPK diatas 3 minimal dan jangan khawatir kalo kamu serius, IPK 3 mah gampang." yeyalah gampang, namanya juga serius. (kok gue ngeselin ya)
terus kata kakak itu lagi "kalo ada yang bilang fisika susah, jangan dijadiin beban, Fisika itu Indah loh sebenarnya. semua di kehidupan kita pakek fisika. dan sebenernya mau ngambil jurusan apapun yang masih ada kaitannya sama alam, pasti dapet deh pelajaran fisika." ucapnya dengan semangat. setuju banget gue sama kakak ini. 

oke itu terkait departemen fisika, terkait jadwal SNMPTN 2012 gue punya sedikit info. tapi ini tentatif, bisa berubah sewaktu - waktu. tapi ya untuk bayangan aja lah kalaupun bergeser gak mungkin bergeser 10 tahun kan -______-"
  1. Seleksi Undangan
    • SNMPTN Undangan Program Pendidikan S1 Reguler, Pendaftaran Januari - Februari dan Pengumuman Mei
    • PPKB UI Program Pendidikan S1 Paralel dan Vokasi,   Pendaftaran 13/2 - 27/4 dan Pengumuman 16 Mei
    • Talent Scouting UI Program Pendidikan S1 Kelas Internasional, Pendaftaran 13/2 - 27/4 dan Pengumuman 16 Mei
  2. Selesi Tertulis
    • SNMPTN Ujian Tertulis Program S1 Reguler, Pendaftaran Mei - Juni, Tes Seleksi Juni, Pengumuman Juni
    • SIMAK UI Gelombang 1 Program S1 Kelas Internasional, Pendaftaran Mei - Juni, Tes Seleksi Juni, Pengumuman Juni
    • SIMAK UI  Program S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi, Pendaftaran 4-22 Juni, Tes Seleksi 1 Juli dan Pengumuman 22 Juli
    • SIMAK UI Gelombang 2 Program S1 Kelas Internasional, Pendaftaran 4 Juni -3 Juli, Tes Seleksi 8 Juli dan Pengumuman 22 Juli
suasana di Balairung jam 3 sore
foto di depan danau setelah sholat ashar
Selesai jalan - jalan nanyain stand-stand gue makin manteb pengen ke kuliah di UI. 
Jam 4 gue Sholat Ashar.  Kaki gue mulai gak mau kompromi, udah pegeeeeeeel banget. gue rasanya pengen cepet - cepet pulang. tapiiiii gue pengen liat Petra Sihombing yang jadi Guest Star di hari pertama. tapiiiiiiiiii lagi - lagi gue udah kecapean banget. jam 16:30 gue akhirnya memutuskan untuk pulang. bodo amat dah Petra mau manggung jam berapa. Gue cabut bareng wischa, sunar, bela dan hele. tadinya gue galau mau naik kereta apa angkot, akhirnya gue ikut naik angot aja lah. gue dan Zia bepisah, dia mau beli es pocong dulu sama temen-temennya yang lain. -______-" gue mah menikmati es pocong ntar kalo udah jadi mahasiswa UI. azek. aaaamiiiiiin 
Dari UI kita jalan dulu lewat terobosan gitu, menyebrangi FKM nembus ke jalan Lingkar Kampus, trus nyebrang rel kereta, lewat DETOS trus naik 19, pas ketemu KR, gue ikut sunar turun soalnya gue mau nebeng sunar naik motor yang dia parkit di NF hek.
Akhirnya jam 18:00 gue tepat menginjakkan kaki kembali di rumah. Sampe' rumah gue udah nyerocoooooos aja ke nyokap gue nyeritain semua kejadian di UI. :D

oke, sekian cerita dari gue yang sangat amat berbobot kan? =........=
semoga beberapa bulan lagi gue akan bikin postingan berjudul
MAAAAAAAAK!! MILA MASUK UI!!!
aaaamiiiiiin Ya Rabbal Alamiiiin. :)

0 komen:

Post a Comment

waktunya komentaaar