Copyright © Cerita Mila
Design by Dzignine edited milaizzatul
Monday 20 June 2011

a hilarious party

hualalala balaa balaaa ....... (entah kenapa gue lagi seneng ngomong ini :D)

ehehe, gue mau reporting tentang kegiatan gue 3 hari kemarin, tanggal 17 - 19 Juni 2011 yaitu
STAR PARTY 2 HAAJ 2011
Observatorium Bosscha, Lembang Jawa Barat

Mulai dari keberangkatan,
Gue berangkat dari rumah jam 09:50 WIB dengan perkiraan gue sampe' planetarium satu jam setelahnya.
Ternyata eh ternyata, bus TransJakarta yang ke arah Kramat Sentiong jarang dan penuuuuuuh banget. Alhasil gue gak dapet tempat duduk dari UKI-Kramat Sentiong T,T 
Gue sampe' planetarium akhirnya jam 11:15 wib. waktu itu kak Nia sama kak Suci juga baru nyampe.
Kami bertiga langsung berjalan menuju ruang sekretariat HAAJ.

Taraaaaaaa. . . gue hanya menemukan jaket HAAJ di bangku kantin sekret. dan gue berpikir. "ya ampun mil, elooooo di? ting? ga ? liiiiiiin" huaaaaaa
kami bertiga buru-buru keluar dari planetarium. trus kami naik bajaj BBG ke gambir.

Sampai di gambir, keretanya udah dateng. Pas gue, kak suci, kak Nia dan kak Ronif terlihat batang hidungnya semua rombongan langsung naik ke kereta.
Tak lama kemudian, kereta berangkat, itu sekitar 11:30 WIB (gue heran, tumben banget kereta Indonesia tepat waktu -______-") tapi ternyata gue bukan orang yang paling terakhir nyampe' kok. ada peserta, bernama aldo malah nyampe' ketika kereta udah jalan. untung masih bisa dikejar hahahaha

kami naik kereta Parahyangan di gerbong dua. gue duduk di kursi 12 C 12 D. dari pertama perjalanan tuh udah ada yang sibuk ngunyaaaaah terus, ada yang matanya udah merem melek pas pertama kena angin -__- ada juga yang masih sempet-sempetnya baca buku tebel disaat temen-temennya tidur. contoh! kak adly -.- gue mah sibuk kipas-kipas terus.

gue duduk sebangku sama lili dan hadap hadapan sama kak erika dan kak nana. disamping tempat duduk kita ada kak Rayhan, kak Gwyn, kak Adly sama Kak Ronif. Di belakang tempat duduk gue ada farah sama eni. kalo dibelakang tempat duduk kak erika ada utik, kak dessy, kak bahja. 
 karna gue duduk di gerbong kedua dari belakang, jadi pas kereta berkelak-kelok tuh lokomotifnya keliatan. hahha kebiasaan gue dari kecil seneng banget ngeliat lokomotif atau ekor kereta.
oiya perjalanan kemaren itu kan first time i'm going to Bandung by TRAIN jadi rada takjub sama pemandangannya. jalanan keretanya berkelak-kelok, membelah bukit, jembatan-jembatan tinggi dan ngelewatin terowongan yang panjaaaaaaaaaaang banget. hahah gue gak bisa tidur sepanjang perjalanan. gue enjoy banget ngeliatin pemandangan. maklum gue anak kota -,-
tapi gue kelaperan. untung bawa roti kasur. gue abisin dah tu roti kasur sama sekaleng susu bearbrand tapi tetep aja gue kalo belom ketemu nasi tetep lapeeeeeer -___-

 tepat jam 15 teng! gue ngeliat plang stasiun yang bacaaanya BANDUNG.
Alhamdulillah udah nyampe' stasiun bandung. haha di stasiun ini ada beberapa dari kami yang hampir kebawa lagi ke jakarta, gara-gara kelamaan ngobrol di dalem gerbong jadi keretanya jalannya lagi tepat saat gue turun. wahaha
sampe' di stasiun pada belanja cemilan dulu di Yomart. trus ke penginapannya kita nyewa dua angkot.
gue seangkot sama sebagian besar peserta cewek ditambah kak arreza, aldo, kak ronnif sama kak buma.  angkot yang gue naikin itu bener-bener jempet-jempetan. mana jalannya berliku-liku gitu lagi. hadooooh.
sekitar satu jam setengah-an lah perjalanan sampe' penginapan Pondok Buah Sinuan. Kamar langsung dibagi-bagi. gue dapet di kamar 05. sekamar sama
  1. Lily
  2. Qonit
  3. Eni
  4. Kak Erika
  5. Kak Bahja
  6. Kak Suci
  7. Kak Nia
oiya, di SP kali ini sebagian besar semua gue panggil "kak" soalnya anak-anak kuliahan dan hampir kuliah (??). cuma 5 orang yang nggak gue panggil "kak" ahaha.
abis naro barang-barang gue langsung sholat. abis itu menikmati udara bersih semiliiiiiir diluar.

eeeeh, ternyata diluar tuh udah rame sama kakak-kakak ikhwan (alah ROHIS bener yak) lagi pada maen bola yang H-2 baru dibel. haha.
gue maen ayunan yang ada di halamannya. aduuuuh galau bener ya gue. cekakak.
sekitar jam setengah enam sore langit mulai berubah warna dan gue melihat pemandangan keren di sebelah barat. gue langsung jalan-jalan keluar bareng qonit yang bawa SLR (sirik -___-), eni, kak bahja sama lili. pemandangan sunset di lereng gunung. hedeeeh Subhanallah baguuuus banget.
oiya, di sekeliling penginapan tuh terhampar kebun-kebun tomat gitu. coba tomatnya tuh udah pada mateng, gue petikin dah (otak culas :D) sayangnya tomatnya masih ijo-ijo dan masih ada petaninya yang lagi istirahat disana. ahahah.
selesai mandi, sholat maghrib, sholat isya' gue keluar dari kamar daaaaaaaaaaaaan spontan gue langsung bilang "Subhanallah"
kenapa? langitnya bikin nangis meeeen. nangis seneng tapi. gue langsung ngeliat the big dipper.
"yang itu mizar, alioth, megrez, dubhe (blaaaa blaaaa blaaaaa)" yeah itu suara kak adly yang berdiri gak jauh dari gue lagi nunjuk-nunjuk bintang-bintang yang ada di rasi ursa ursa mayor itu.

gak lama kita searching makan malam. lewat perkampungan yang jalannya naudzubillah rusaknya. mana ada pup kuda lagi. kaki gue cenat-cenut banget. tempat makan yang kita tuju tuh juga naudzubillah jauhnya. tapiiiiiii
ditengah perjalanan kita nemuin tanah lapang gitu erus kita maen layangan. (loh?) oh bukan kita mendongah ke atas.
WAAAAAA!!!  SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH WALAAILAAHAILLALLAH WALLAHUAKBAR!!!
jika kau orang jakarta gak cukup sekali kau mengucapkan tasbih tahmid tahlil dan takbir karna kau bakal takjub ngeliat indahnya langit waktu itu. rasanya tuh gue pengen bikin rumah di lapangan itu. 0.0

dan gue terkejut pas kak Ray bilang

"mila mana?"
"saya kak."
"coba sekarang jelasin rasi-rasi yang terlihat!"
"HAH?!@#$%^&*" asli gue shock.
et dah! gue?? wakwakwak. gue langsung angkat tangan kalo masalah rasi. lahwong gue baru kali itu ngeliat bintang banyak banget, kok reno-reno sok ngejelasin.
untung kak adly (lagi) yang suruh ngejelasin. daaan bener-bener kayak di ruang pertunjukkan planetarium. naratornya kak adly, trus nunjuknya pakek laser ijo HAAJ (eh ternyata lasernya punya kak Erika loh. katanya beli di Kaskus (??)) yang sinarnya seolah-olah bisa nyentuh langit. keren bangeeeet.
jam 19:11-19:26 gue ngeliat rasi
  1. ursa mayor
  2. bootes
  3. corona borealis
  4. leo
  5. corvus
  6. argonavis
  7. virgo (di rasi ini ada saturnus juga keliatan)
  8. crux
  9. musca
  10. centaurus
  11. lupus
  12. libra
  13. scorpius
objek lainnya tuh ada bulan yang baru terbit. ini sangat amat keren. bulannya tuh jingga pekat, gede, trus ngintip dari balik lereng gunung. sumpah! perut gue kayaknya juga ikutan takjub soalnya rasa laper gue ilang sekejap pas ngeliat langit diwaktu itu.

sebenernya belom puas ngeliat langit di lapangan itu, tapi yaaa apa daya, sebagai manusia gue harus mementingkan kepentingan bersama juga. karna gak semua perut orang ikutan takjub ngeliat langit sebagus itu.
kita melanjutkan perjalanan. gue jalan sambil ngeliat atas. makanya bolak-balik gue tersandung terus biarin lah gue udah terlanjur tersanjung sama langitnya.

setelah menyusuri jalan setapak, jalan setapak berujung ke jalan raya, menelusuri jalan raya dan sampailah kita di salah satu tempat makan. makanan yang kita makan adalaaaah Nasi Bakar Ibu Iing.
gue makan nasi bakar lauk ayam bakar, tempe dan tahu bacem. karna laper, jadi gue lahap aja dah. ditambah lagi sambelnya HOT geeeelaaaaa. 95% tempat makan itu diisi sama rombongan HAAJ. seru banget. ehehhe
setelah kenyang gue berjuang buat jalan meunju penginapan lagi. jauh banget mameeeeeen. gue rasa sih gue sampe' penginapan tuh udah dalam kondisi laper lagi -__-

nah, langitnya masih cantik. saatnya mengeluarkan segala rupa instumentasi yang dibawa dari jakarta. 3 teleskop di pasang. 2 binokuler di keluarkan. yang bawa SLR langsung menlancarkan aksinya dengan jeprat sana jepret sini.
udara tuh dingiiiiiiin bangeeeeet. jaket gue tuh udah tebel dan gue pakek baju rangkap 2 itu aja masih kerasa nyelekit banget dinginnya.
gue sibuk foto-foto pakek camdig yang gue bawa. maen ayunan, ngeliat langit pakek binokuler, ngobrolin bintang-bintang pokokntya gue bener-bener menikmati malam itu.
pas gue lagi ngarahin binokular kearah barat, kak gwyn yg duduk gk jauh dari gue mengklaim kalo dia ngeliat meteor di rasi lupus.
sontak gue langsung  pindah arah ke selatan. aaaaakh sirik bangeeeet sama kak gwyn tapi kata kak indra "ah, ilusi lo kali gwyn."
dan gak lama suwiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing
dan entah siapa langsung teriak "EH ADA YANG LIAT TADI?" gue kaget. dan beberapa ada yang bilang, saya kak! saya! meteor!
uwaaaaa akhirnya gue berhasil ngeliat meteor. gue ulang GUE BERHASIL NGELIAT METEOR! *guncang-guncang pundak*

jadi sekarang kalo pak wid nanyak "siapa yang belom pernah ngeliat meteor?" gue gak usah tunjuk tangan dengan muka melas lagi ihihihi.

malam itu bener-bener gue seneng banget. lebih dari sekedar seneng malah.
jam 12 tengah malam udara makin dingin. gue ngeliat kak Ray sama kak Gwyn lagi sibuk disekitar kompor portabel di teras penginapan. gue ikutan nimbrung sama mereka yang ternyata lagi bikin minuman hangat dan mie rebus. gue cuma mau menghangatkan diri di deket kompornya aja. mmmmmmmmmmmmmmmmmm
jam setengah satu gue masuk kamar dan tidur.

jam 2 tuh kak Ray ketok-ketok pintu, ternyata kamar 5 kedatangan penghuni lagi. namanya kak Nita.
setelah gue ngebukain pintu kamar, gue balik lagi ke kasur atas.
sekitar jam setengah 6 gue bangun dan bener-bener hampir loncat karna belom sholat subuh. waaa. gue terlalu seneng sama mimpi gue kali yak. gila akhirnya gue gak mimpiin pengumuman OSP 2011 lagi tapi gue mimpiin semua yang ada di star party itu,. :)
abis sholat gue keluar kamar dan udara dingiiiiin banget. gue menghembuskan nafas tuh sampe ada asap-asapnya gitu. gue ngeliat ke arah timur matahari belom keliatan. tapi pendaran cahaya emasnya udah muncul dari balik gunung.
gue liat ke arah barat bulannya masih lumayan tinggi ternyata. bagus banget.
meski lutut masih sakit gara-gara autis gue kumat (iseng lompat dari kasur paling atas) tapi gue, qonit sama eni akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan nyari' spot yang bgus buat ngefoto sunrise.
gue berhasil mengabadikan momen-momen itu. hadeeeeeh bagus banget pemandangannya.

abis puas foto-foto sunrise (lagian mataharinya makin lama makin tinggi dan makin cemungudh) kita bertiga balik ke penginapan. gue sempet ngefoto kupel (kubah teleskop zeiss) dari jalanan.
sampe' penginapan gue langsung sarapan, mandi dan siap-siap buat ngintip matahari pakek teleskop SkyWatcher (Adly) "sebut saja SWA lah, biar yang punya seneng." kata orang-orang sih gitu.
eh bener! selesai gue mandi, langitnyatuh biruuuuuuu ceraaaah banget. mataharinya bener-bener clear dari awan jenis apapun dan SWA udah nangkring di teras. gue coba arahin ke matahari, aiiiiiiih sunspotnya lumayan gede. tapi sayangnya susah banget ngefotonya. -,-
sekitar jam 11 kita keluar dari penginapan buat ke tempat makan yang udah di omongin sebelum acara ini diadakan. yaitu ke RM. Ayam Goreng &  Ayam Bakar Brebes. perjalanan ke rumah makan ini lebih nyiksa dari pada ke rumah makan yang buat dinner semalem. Udah jauhnya gak ketulungan, jalan kaki, panas. huaaaa T.T untungnya ya, jalan bareng HAAJ itu bikin gue seneng, jadi ya bisa dinetralisir lah.

rencanya kita ngundang pengurus HIMASTRON ITB, tapi ternyata saat kita makan sampe' selesai makan, belom ada yang dateng. ya udah kita pulang ke penginapan lagi dengan nyewa angot. asiiiiiiik ehehe
sore harinya sekitar jam setengah 2 kita naik ke bosscha. naaaah kita dipandu sama kak Evan Irawan Akbar buat keliling-keliling observatorium, masuk-masuk ke rumah teleskop. aaaaaa amazing banget tapi sayang gak bisa foto-foto soalnya kata kak Ray dokumentasi cuma dari kamera kak Ray doang -,-
sayangnya teleskop goto masih sakit parah jadi gak bisa di tengokin -.- teleskop unitron juga sakit ringan, jadi masih bisa lah ditengokin. oiya kak Nida sama kak Itin baru nyampe' pas kita lagi pada ke bosscha

Maghrib kita balik lagi ke penginapan.
gue kecewa banget, karna langitnya me? nye? dih? kan. sungguh menyedihkan kawan. kita undur waktu untuk naik ke bosscha lagi sampe' jam 10 malam. kita isi acara dari isya' sampe jam 10 tuh dengan makan malam dan rapat evaluasi di saung. judulnya sih gitu, tapi banyak bercandanya. hahaha kocak banget mereka.
tapi peserta yang cewek-cewek sempet kena tegur karna terkesan gep-gep-an.
padahal yak, kita duduk mojok, dempet-dempetan buat menghangatkan badan. wakwakwak
ternyata ide gue buat duduk dempet-dempetan mengundang orang buat suudzon -,-

jam 8 ada orangtuanya kak puput yang ngasih surprise ulang tahun. iiwiiii sooo sweeeeeet. yah coba SPnya sampe' tanggal 21, pasti orang tua gue juga dateng tuh buat ngasih surprise ulangtahun juga. trus ngerayain ultah bareng HAAJ waaaaa sweet17 yang gak akan pernah kelupa kali ya. sayangnya itu cuma angan-angan aaaaa siriiiiik.
kita sekaligus ngerayain 4 orang. ada lili, dino, kak nita sama kak puput yang ulangtahunnya gak jauh dari tanggal 16 Juni.


abis seneng-seneng makan-makan jam 10 langit masih memilukan kawan,
mana udara lebih nusuk dari malam sebelemnya. kita langsung (waaaaaaaa gue berat untuk menceritakan ini) membatalkan peneropongan di Bosscha. T.T
kita ganti acara kita jadi family gathering HAAJ. kita bakar-bakaran jagung trus gelar tiker dan cerita-cerita kesan-kesannya dari awal masuk HAAJ sampe' ada di SP 2 ini.

cuma beberapa yang bertahan sama dinginnya malam. gue tetep stay di luar karna didalem pun juga percumah, gue gak bisa tidur karna kedinginan. dan kalo gue tidur gak dapet kesan kekeluargaannya banget sama HAAJ.
gue dengerin cerita mereka satu persatu. lucu-lucu dan unik-unik banget ceritanya. Allah swt tuh emang kreatif banget membentuk jalan hidup hamba-hambanya.
kita tuh cerita-cerita dari jam 11 malem sampe' jam 3 pagi. udara makin lama makin dingin dan ngeselinnya lagi jam 12 tuh langit kebuka. akh! tapi apa daya, rencana ke bosscha udah terlanjur dibatalin. kita lanjutkan share pengalaman.
jam 2 pagi rumput-rumput udah mulai basah. jaket gue yang campuraduk bau minyak kayu putih, parfum, asap udah jadi anyep. gue bener-bener menggigil. eeeh jam setengah 3 giliran gue cerita.
soalnya suara gue gemeteran dan gue udah ngos-ngosan banget. tapi yaaaa gak seru banget ya kalo ngomongnya gitu. ditimpukin kali gue yak. jadi gue cerita sesingkat mungkin yang gue bisa lagian juga gak bakal didengerin serius juga, gue kan orang ke 3 terakhir.
jam 3 gue baru tidur dengan kondisi maag kambuh. asiknya, gue bisa tidur nyenyak sampe' jam 5 meskipun penyakit kambuh. Jam 5 gue sholat dan melanjutkan tidur sampe' jam setengah 8.

jam setengah 8 gue bangun, main ayunan sebentar di halaman trus sarapan. mayoritas yang bangun sampe' jam 3 tuh belom pada bangun. tau tuh pada sholat subuh apa kagak -___-"
selesai sarapan gue mandi. abis itu balik lagi main ayunan sambil ngeliatin kak Suci yang lagi main sama hilmi, kak gwyn yang lagi main sama hazmi dan kak dessy yang main sama aruna. ahahah lucu banget anak-anak kecil itu.
jam setengah 11 kita packing dan siap-siap naik ke bosscha lagi.
di bosscha kita ramah tamah sama pak Hakim L Malasan beserta anak-anak HIMASTRON ITB.
entah kenapa gue jadi pengen masuk astronomi nantinya. tapiiiiiiiiii..................iiiiiiiiiiiii............. (berjuta alasan)

pak Hakim orangnya ramah banget. gue ngedengerin kata-kata beliau jadi kepengen banget lolos ke OSN 2011 deh huhuhuhu. pak Hakim cerita-cerita tentang penyeleksian yang buat ke olimpiade internasional. trus cerita-cerita tentang perkembangan astronomi di Indonesia.
mataharinya teriiiiiiiiik banget. selesai ramah tamah waktunyaaaa fotoooo fotoooooo.
gue belom dapet foto-foto yang bareng-bareng pak Hakim sama anak-anak HIMASTRON. yanng ngefoto pakek kameranya kak Rayhan soalnya.
ih kan gue hampir aja dapet tempat persis di samping pak Hakim yak. eeeeeh malah di dorong-dorong sama kak nita gue jadi di belakang -,- ya udah gue akhirnya paling ujung.

gue juga foto sama penghuni kamar 5. jadi selain yang gue sebutin tadi, ada penghuni tambahan, kak Nida sama kak Itin. 
oiya gue belom cerita kesan-kesan sama penghuni kamar 5.
jadi kamar 5 itu isinya cewek-cewek yang dibilang dewasa nggaaaak, dibilang anak-anak juga nggak. jadi omongan kita tuh yang ringan-ringan aja like goseeeeeeeeep. ahaha

jadi kita itu kerjaanya kalo di kamar cerita gosiiiiiip muluk. dan karna gue yang paling memperhatikan orang-orang HAAJ, jadi gue yang paling sering menyumbangkan berita skandal cinlok di HAAJ. ahaha saking banyaknya gue sempet mikir nanti di samping pohon struktur keorganisasian ada gari-garis tambahan jadi pohon keluarga. wakwakwak (oke ini emang pikiran sarap)

pas sore-sore di hari ke dua tuh sempet terdengar teriakan cekakan dari kamar 5. gara-gara ada jumpa pers sekaligus klarifikasi dari orang yang bersangkutan (sebut saja DE) tentang skandal bersama pipituwit-nya (????). dan itu kocak banget sampe' semua penghuni kamar 5 tuh geli gak jelas. 

selain gosip, di kamar 5 juga ada miss galauwzz. nah si miss ini adalah kak Erika Mattanzi. hedeeeeh. gue jadi ikutan galau loh gara-gara kak erika inih. lagu-lagu yang kita play di kayar tuh lagu galau-galau gituh. ahahah geli.
siiiiip, jam 12 kita balik ke penginapan buat check out. angkot yang mau nganterin kita ke stasiun Bandung udah nungguin dari tadi. usai sholat, kami semua berangkat.
sampe' stasiun gue makan dulu di Hokben stasiun bandung. gue gak mau ambil resiko jadi busung lapar pas nyampe' jakarta. -...........-
usai makan siang, kereta nyampe' pukul 15 teng! dan berangkat beberapa menit kemudian. di gerbong gue sempet berantem sama eni gara-gara rebutan tempat duduk. gue kan udah janjian setempat duduk sama lili, eeeeh di rebut eni. ya udaaaaaah gue mah ngalah lagiiiiiii. -,- akhirnya gue dibuang ke tempat duduk di ujung kepisah sama sebagian besar anak-anak HAAJ. rasanya pengen pindah ke kelas eksekutif ish! 

kalo pas keberangkatan gue di gerbong 2 dari belakang, pas pulang gue dapet di gerbong 2 dari depan. gue bisa ngeliat ekor kereta. ihihihihi.
diperjalanan dari pada ngedumel sendiri, mending ngedumel di twitter sama di buku file gue. capek ngedumel gue ngefoto-foto pemandangan.
gue sebangku sama kak bahja yang langsung tertidur setelah kereta jalan. di hadapan gue masih kak erika ditambah kak itin. di sebrang ada kak nida, kak buma, kak lisa sama utik
sampe' terowongan yang panjang itu gue iseng ngefoto siapa tau aja ada orang (itu orang apa orang yak?) ahah dan ternyata cuma tembok belaka
jaaaaaaam 5 gue udah sampe' CIKAMPEK. gue sempet ngefoto sunset. udaranya udah mulai panas lagi -.- 
gue nelfon papa buat jemput di stasiun Jatinegara.
ternyata gak semua turun di gambir. kak Buma sama kak Gwyn turun di Stasiun Bekasi.
dan sebagian besar turun di stasiun Jatinegara.

Pas nyampe' di Jatinegara, ternyata papa markirin mobilnya di sebrang stasiun dan stayed in the car -___-" alhasil gue nyebrang dulu. Lili nebeng sama gue. jadi ada yang nemenin ke luar stasiun. masalahnya gue paling riweh sama tukang ojek dan taksi yang suka ngejar-ngejar.

dan yak! jam 19.30 gue sampe' rumah. mandi, sholat, makan. maunya sih upload foto. tapi ternyata badan langsung memanas dan sampe' gue posting cerita ini aja gue masih agak anget. ehehe kan papa mama gak dirumah jadi gak harus tidur juga. bayangin dari jam 6 pagi sampe' gue ngepost ini laptop belom mati dan modem masih nyala. ahaha. gue mandi, makan, modem bekerja buat upload. wakwakwak

oke. sekian cerita panjang tentang "party" yang ucul banget!
seperti yang pernah gue bilang, dunia astronomi gak hanya berenti ngasih kejutan sampe' tanggal 1 Mei 2010 itu aja, tapi sampe' detik ini pun kejutan itu selalu ada. dan mereka itu orang-orang hebat!

gak nyesel gue mengorbankan acara Study Tour sekolah demi ikut SP 2 ini. gue seneng bersama mereka. dan lebih dari sekedar rasa senang.

see you on Science Camp 2011 with FOSCA!!! insyaAllah

0 komen:

Post a Comment

waktunya komentaaar