Copyright © Cerita Mila
Design by Dzignine edited milaizzatul
Friday 27 May 2011

Para Pejuang Medali Emas OSN 2011 Jakarta Timur

wey wey weeeeey!!


tau gak? gue capek banget asli tapi gue paksa buat nulis postingan ini mumpung hal yang mau gue ceritain masih anget. (?)
Eh, keren gak judulnya? keren kan? "Para Pejuang Medali Emas OSN 2011 Jakarta Timur" ahaha gue ngarep bangeeeeeet tahun ini bisa nyabet medali, sukur-sukur emas. aamiin Ya Allah.


Kali ini gue mau cerita kalo kemaren lusa dan kemaren gue lagi mengikuti Pembinaan OSN 2011 Jakarta Timur. Jadi tuh, yang lolos ke OSP 2011 dari Jakarta Timur diminta mengikuti pelatihan gitu sama sudin pendidikan jaktim di Wisma TNI AL Nirwana, Mega Mendung Bogor.


Awalnya gue ngerasa ini acara gak jelas. Lah wong satu jam sebelum gue pulang sekolah tanggal 24 Mei 2011 gue baru dikasih surat tugas dari ketua kelas, gue baca ternyata kepsek nyuruh 14 siswa yang lolos ke OSP ikut pelatihan itu. Temen gue si Pijoh bilang "Males ah mil, paling acaranya gak jelas." gue bimbang, resah, gelisah, galau, gundah gulana ...... (cukup!)


Gue minta pendapat orang tua gue, dan kata orangtua gue, gue suruh ikut aja. kata mereka, "gak ada acara yang gak ada maknanya asalkan kamu bisa memandangnya dari sisi positifnya dan ikhlas, seenggaknya kamu bisa nambah pengalaman dan silaturahmi." eyaaaa gue yakin akhirnya dan memutuskan untuk packing buat besok.


Besoknya tanggal 25 Mei 2011 jam 6 gue udah sampe' sekolah dengan membawa ransel yang beratnya naujubilah padahal cuma bawa baju beberapa doang tapi semuua koleksi soal-soal olimp gue bawa semua. ahaha
Dari sekolah gue 19 orang lolos seleksi cuma 14 orang yang ditugaskan ke acara itu tapi cuma 5 orang yang tergerak hatinya buat memenuhi amanah. (halah) padahal tau gak? tanggal 26 baru pulang dan tanggal 27 UAS. beh!
Anak-anak itu adalah :
  • saya bidang astronomi
  • Fauziah Chaira Ummah bidang biologi
  • Sunti Yogi Utami bidang ekonomi
  • Muhammad Rifqi Fariz bidang fisika
  • Reza Syandika bidang kimia --> ini jawara kimia jakarta timur tahun ini 3 kali seleksi 3 kali juara satu loh. Subhanallah
Kita belima dianter sekolah ke Gelanggang Remaja Jakarta Timur. Pas kita nyampe tuh udah lumayan rame sama anak-anak olimp dari sekolah lain.
Jam 08:08 WIB sekitar 60 peserta diantar ke wisma naik bus TNI AL gitu.

Pas kita udah nyampe' gue sedikit tersenyum sih soalnya tempatnya enak lumayan bagus. gak kayak barak-barak kandang kambing -___-" trus pembagian kamar.
ini halaman tengah. bangunan yg terlihat itu khusus dihuni oleh cewek-cewek.  di belakang itu ada kolam-kolam ikan gitu. gue  ngefotonya dari  depan aula, di depan aula baru kamar-kamar buat cowok. di samping aula ada lapangan juga. kebayang kan itu tempatnya seluas apa. 

Wih gue dapet kamar paling ujung loh! untuk yang cewek 1 kamar ada yang diisi 4 orang ada yang 3 orang. dan kamar gue kebagian isi 3 orang.
penghuni kamar 6.
Kiri ke kanan : Fauziah Chaira Ummah (biologi 48),  Rahma Maulidina Sari (Ekonomi 39), Mila Izzatul Ikhsanti (astronomi 48)
selesai pembagian kamar, kita semua digiring ke lapangan samping. Wih, siang itu mataharinya cemungudh bangedhdhdhdh. kita disuruh bikin lingkaran besar. terus panitianya perkenalan diri gitu. Mera kayak team outbond outbond gitu deh (gue gak ngerti cara deskribnya, semoga kau mengerti maksud tulisan saya. ahay) trus ada games-games ringan sama pembagian kelompok.

NAH! setelah dibagi-bagi, kelompok gue itu kelompok 3 terdiri dari :
  1. SAYA astronomi 48
  2. Fauziah Chaira Ummah biologi 48 --> ini kebetulan banget
  3. Muhammad Rifqi Fariz fisika 48 --> ini juga kebetulan
  4. Shod Abdurrahman biologi 61 --> ini anak hermaprodrit chiiiiiyyn
  5. Seto Adi Prabowo kebumian 39 --> kebetulan dia junior paskib pas SMP
  6. Khairani Aqmar ekonomi 61 --> gue kasian karna dia suka dipanggil "eh patah!" gara-gara tangann kirinya harus di gendong akibat kecelakaan yg menyebabkan tangannya sampe' retak.
  7. Nur Laeli kebumian 58
  8. Fransiskus Kevin Surya Widjaja fisika SMAK 7 BPK Penabur
  9. Samuel Eduwardo astronomi 89
  10. Umar Abdurrahman astronomi 21 --> gue heran kenapa dia masuk kelompok 3, padahal sesuai perhitungan dia kelompok 6 -___-"
dan nama kelompok kami adalah TEMPE MENDOAN Team Pejuang Menuju Menado Idaman yang diketuai oleh Muhammad Rifqi Fariz dan disekretarisi oleh Fauziah Chaira Ummah okokokok



abis itu kita makan siang, sholat dzuhur dan ada pembukaan dari sudin pendidikan jaktim di aula. ditambah ada yang share pengalaman. cewek cantik berjilbab, namanya kak Stefani Herlie alumni SMA 12 Jakarta yang udah ngeborong medali astronomi tingkat nasional dan internasional. gue merinding banget denger pengalamannya. Subhanallah. rasanya gue pengen ngambil otaknya deh.

setelah itu kita outbond dan itu seru banget. kerasa banget kebersamaan sesama pejuang. Kau tau, kumpul sama orang-orang pinter itu bedaaa gimanaaa gitu. eheheh serius. kalo lagi break ambil napas bentar gue suka ngeliat sekeliling, ngeliat orang-orang serius mikir akal setiap tantangan outbond kayaknya takjub banget. kayaknya rasa persaingan tuh udah ilang gitu aja, yang ada rasa kebersamaan sesama calon meraih medali emas. wehehehe
oiya, pas outbond gue baru nyadar ada yang mirip sama "uranus", anak matematika  :D
Selesai outbond kita mandi, sholat dan makan malam. abis itu ada pemateri 2 orang. yang pertama pak Wijaya Kusumah berkat beliau gue langsung posting cerita ini. ahaha
yang kedua nah! familiar banget gue sama wajah bapak yang satu ini. tak lain tak bukan ternyata pak Dedi Dwitagama. beliau ini mantan kepsek di tepat ngajar bokap gue. wekaweka. gue dapet banyak motivasi dari mereka.
dari pak Wijaya Kusumah (menurut yang ada di buku catatan gue) gue nulis

Kunci jadi orang kaya :
  • terlahir dari keluarga kaya raya
  • menikah dengan orang kaya
  • kreatif dan inovatif
Kunci sukses :
  • ikhlas
  • fokus ke target
  • ulangi materi
  • membuat media pembelajaran
  • membuat kesimpulan
  • membuat catatan dengan tulisan tangan
  • management waktu
  • gunakan konsep "mata air" : semakin diambil semakin jernih --> ajari semua orang
Kiat belajar efektif:
  • persiapan kesehatan
  • persiapan materi
  • persiapan teknis
MEMBACA adalah menyerap informasi yang dibutuhkan , BUKAN membaca informasi yang ditulis oleh penulis buku

Tujuan sekolah :
  • meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt.
  • Melathin kesabaran
  • Meningkatkan kecerdasan, kepribadian, akhlak dan keterampilan
  • mampu menciptakan hal yang baru
Rumus Sukses
S=2P + 267 + 6S
S --> sukses
2P --> pendidikan dan pengalaman
267 --> dibaca sesuai tangga nada (re la si)
6S --> senyum, salam, sapa, sabar, syukur, sehat



kalo dari pak Dedi Dwitagama gue cenderung dapet banyak motivasi, bukan catatan. soalnya interaktif banget
ini waktu games, gue bertugas jadi pengawas. games tuh, jadi semuanya (selain 3 cewek berdiri yg ada di foto ini) suruh bikin 3 barisan trus balapan mindahin topi dari depan ke belkang tanpa tangan. dan kelompok gue menaaaaaang ^^,

ini suasana waktu materi. kok gue senyum gini ya? 0.0
dan di materi ini gue berhasil bikin quote
"Juara itu tidak hanya membutuhkan kepintaran saja tapi juga kecerdikan berstrategi"

usai materi kita dipersilakan buat istirahat, sekitar jam 10 malem kira-kira waktu itu. udaranya udah dingin banget. gue tidur sampe' jam 3 pagi trus tahajud abis itu tidur lagi sampe sekitar jam setengah lima semua lampu kamar dimatiin, dan kakak-kakak panitianya gedar gedor pintu suruh bangun buat muhasabah.
SUMPAH!!! gue keluar kamar berasa masuk kulkas bersuhu 27K (lebay).
gue belom pernah menggigil sampe' kayak gitu. kita semua dikumpulin diaula. dan itu makin kerasa dinginnya karna duduk di lantai tanpa tiker. uah. rasanya gue pengen ngebakar orang2 yang ada di ruangan itu buat menghangatkan diri (mulai sadis)

sekitar 30 menit kemudian kita disuruh siap-siap buat senam pagi. ada games ringan gitu. setelah itu kita sarapan dan ramah tamah di ruang makan boleee di ruang TV juga boleee
lagi nonton sponsbob abis sarapan
komplotan pemaen kartu -____-"
narsis juga boleh ehehehe
setelah ituuuuu waktunya trackiiiiiiiiiiiiiing wiwiwiwiwiw Tempe Mendoan beraksiiiiiiiii
gue kira kan paling-paling trackingnya lewat jalan raya biasa ya, ternyata nggak. lewat utan-utan gitu.
di pos I kita disuruh bikin rencana apa yang bakal kita lakuin usai dari pelatihan itu.
pos II kita suruh nanyain beberapa penduduk tentang masyarakat di desa itu. dan narasumber yang kita pilih adalah pak KaDes! wekaweka.
pos III kita cuma suruh nyari tanaman yang bisa dijadiin obat, makanan, sama tanaman beracun. kita suruh nyebrang kali dulu nih. si perjalanan selanjutnya gue sempet menjerit ditengah utan gara-gara ngeliat laba-laba gede bangeeeet. -,...,-
pos IV kita suruh ngapain ya? perasaan cuma suruh ngerapiin semua project yang kita dapet. ahhah
waktu kita udah hampir nyape' finish. jalannya udah rada enakan
pas udah sampe' wisma lagi, kelompok 4 sama 3 suruh nyemplung ke kolam ikan yang menggelikan. gue cuma nyemplungin kaki doang, gak sampe' duduk apa lagi buka baju kayak umar -______-"

selesai itu, kita suruh packing buat persiapan get out dari tempat itu. oiya, ada insiden kacamanya Shod pecah gara-gara dipaksa suruh njebur kolem. ahahah

selesai packing, kita dikumpulin dulu di aula buat mempresentasikan hasil tugas-tugas selama tracking, selesai itu penutupan, makan siang, sholat daaaaaaan pulaaaaaaaaang.


hmmmm rasanya pengen deh ngumpul lagi sama mereka-mereka. bersyukut gue nurutin apa kata hati gue buat ikutan ke acara ini. memang sih gak belajar astronomi sama sekali tapi pengalaman dan motivasi yang didapet banyaaaaaak banget. gue jadi lebih banyak punya temen, kenal sama orang-orang hebat di bidangnya masing-masing. dan lebih tau bagaimana cara berfikir dan cara bersikap beberapa jenis orang-orang cerdas, ohohohoho.

pengalaman ini tak akan terlupakan.

Alhamdulillah thanks :)

0 komen:

Post a Comment

waktunya komentaaar