Copyright © Cerita Mila
Design by Dzignine edited milaizzatul
Saturday 21 November 2015

mila dan nuklir

aaaaaaaaaaa belom bisa move on >o<
dalam rangka ketidakbisaan gue untuk move on dari acara Nuclear Youth Sumits 2015. kali ini gue mau cerita tentang mila dan nuklir.
"Yang mendirikan Batan Adalah Bung Karno. Ide reaktor Bandung dan Serpong adalah ide Bung Karno. Obsesi beliau dalam sains adalah tenaga atom dan antariksa," kata Kepala BATAN Djarot S Wisnubroto saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (10/8/2015).
Satu lagi rencana besar Allah yang tak terduga untuk hidup gue. Setelah dunia astronomi, sekarang Allah menaruh gue juga di dunia nuklir. Gimana caritanya??

Pertengahan tahun 2013 gue dapet info bahwa Beasiswa Preservasi IPTEK Nuklir BATAN Tahun 2013 udah dibuka. katanya salah satu senior gue *hmmm yg namanya kak kamal -,-* Beasiswa ini fantastis banget nilainya dan sebisa mungkin usahakan supaya dapet. Bener juga sih, pas baca pengumuman pembukaan beasiswa ini ada poin-poin tentang detail beasiswanya. Huah MaasyaaAllah jumlahnya dan syaratnya gak banyak cuma IPK diatas 3.0 isi formulir dan bersedia masuk peminatan Fisika Instrumentasi atau Fisika Medis. udah itu aja, beneran.

Akhirnya gue "iseng-iseng" ambil formulirnya. Formulirnya itu sederhana banget, cuma sekadar selembar kertas fotokopian isinya bidata singkat dan terakhir IP/IPK semester 1 sampai 3. kenapa gue bilang iseng-iseng? karna ...
(1) gue awam banget sama bidang penukliran.
(2) IPK gue yaaa gak mencapai angka 4
(3) saingannya hampir satu angkatan. belom lagi sama anak kimia juga. da aku mah apa atuh, cuma remah-remah ayam ka-ef-ci diantara mereka.

Bener aja, formulir yang gue ambil ilang-ilangan muluk, jadi ketika temen-temen yang ambi udah pada ngumpulin dan ngurus berkas ke dekanat, gue bahkan masih belom ngisi apa-apa *jangankan ngisi formulir aja belom punya >o<* H-1 sebelum deadline baru gue urus semampu gue, jujur aja gue udah sempet ngebatin "yaudah lah ya gak jadi daftar deh, toh juga gak bakal dapet. saingannya aja bejibun" tapi entah kenapa keisengan gue masih memaksa gue buat ngurus berkas-berkas ke dekanat dan akhirnya gue mengumpulkaaaan

Selama selang waktu pengumpulan sampai pengumuman gue selalu berdoa
"Ya Allah, jika geofisika peminatan yang terbaik untuk mila, mila gak papa gak usah dapet beasiswa Batan, tapi jika mila pantas mendapatkan beasiswa tersebut, berarti bukan geofisika yang terbaik untuk mila dan mila akan berikhtiar untuk medis atau instrumentasi."

Akhirnya sampailah pada suatu pagi, ketika gue lagi baper atas satu hal di MII, tiba-tiba dibalik hijab sekretariat MII temen gue *namanya bhakti* bilang "Mil, traktir miiil, ciyeeee lolos Batan." gue yang tadinya berkaca-kaca gara-gara baper, langsung berubah jadi tangisan bahagia. haha gue antara percaya gak percaya, dan bener aja gue yang waktu itu dari semalem gak baca grup angkatan baru sadar kalo ada yang ngepost pengumuman beasiswa Batan. ALHAMDULILLAAHIRABBIL ALAAMIIN. Allah benar-benar menjawab doa mila dengan sangat cepat dan tanpa disangka-sangka. terus langsung gue ngabarin ke papa, mama, dan ilma. Entah kenapa semenjak hari itu, ada beban yang tiba-tiba hilang dari pundak gue, beban itu adalah seneng banget bisa meringankan papa mama untuk pembiayaan kuliah gue kedepannya.

Hari pertama pertemuan antara penerima beasiswa Batan dan pihak Batan, gue dan temen-temen dari UI yang lulus juga (Tutta Aurum Nisauf, Halimah Harfah, Annisa Nur Rasyida, Ulqi Hilaliyah, Paramitha Yunizar) pergi ke Batan. Jujur gue deg-deg-an jangan-jangan nanti gue di tes macem-macem gitu, huhuhuhu. abisnya disuru bawa alat tulis gituh. x__x
eh ternyata cuma dengerin briefing dari Batan, alat tulis yang suru dibawa itu maksudnya buat nyatet hal-hal penting yang bakal disampaikan *huft selamat* Di briefing itu intinya kewajiban gue ke Batan cuma
(1) mempertahankan IPK gak boleh dibawah 2.75
(2) ngirim laporan studi setiap semesternya
udah cuma itu kewajiban gue ke Batan sedangkan kewajiban batan ke gue banyak bener, bayarin uang kuliah, ngasih uang jajan perbulan, ngasih uang buku juga. Huaaaaakkkhhhh

hari-hari selanjutnya gue jadi rada "kepo" tentang nuklir. agak gak enak soalnya kalo gue sebagai grantee Batan tapi gak ngerti setiap ngomongin nuklir. Tapi yaaaa gue gak begitu dekat dengan bidang ilmu ini. gue nunggu-nunggu setiap kegiatan Batan yang membutuhkan tenaga gue,, yaaaa setidaknya ada sesuatu yang bisa gue kasih ke Batan. heheee masa nerima muluk. tapi tak kunjung ada panggilan, sampai suatu saat ada surat undangan dari Batan untuk dateng Evaluasi dan Gathering Penerima Beasiswa Batan di Cibubur. mulai tanggal 10 sampai 11 Mei 2014. Lagi-lagi gue deg-deg-an gara-gara baca kata "Evaluasi". Duh, pasti evaluasi kewajiba-kewajiban gue. aaaaaaaaakkkkkkkkkk IPK gue waktu itu lagi gak banget padahal T.T

eeehh ternyata di acara itu pun gue dikasih banyak kenikmatan. seruuuu acaranya bisa kenal sama temen-temen senasib seper-Beasiswa-an dari angkatan 2010 sampai 2013. terus ada sesi berkeluh-kesah gitu ke Batan. hadeeuuuhh gue mah jangankan berkeluh kesah, nyari kurangnya aja nggak. hahah
Lucu-lucu banget mereka apa lagi pas outbond asik abis. Hal yang ngeboseninnya mah pas sesi malem-malem ada sesi ngomongin tentang Kommun (Komunitas Muda Nuklir Nasional), kenapa bosen? karna gue gak ngerti samsek sama apa yang diomongin, gue kan orang baru di komunitas ini, jadi ketuanya ngomong apaaaa kek gue gak peduli, yang gue peduliin cuma "kapan coffe break?" dan "kapan tidur?" wkwkwk

setelah itu hari-hari gue jalanin seperti biasanya, ngepo nuklir meski gue udah mulai masuk ke dunia Instrumentasi Fisika. Akhir 2014 ada kabar bahwa hajatan tahunan Batan bakal digelar Namanya Nuclear Youth Summit (NYS) 2014. terus ketua pelaksananya dari UI.  Temen gue sendiri, *namanya Dede* pengen bangeeeettttt bangeeeeetttt bisa berpartisipasi, tapi karna kesibukan akademis dan amanah organisasi kampus gue masih pada titik zenit, jadi gue gak dipilih  Dede buat jadi panitia. huhuhuhu. T_____T terus ada kesempatan untuk gue ikut sebagai peserta, tapi lagi-lagi antara niat gak niat gue bikin motivation later beberapa jam sebelum deadline, ya niscaya gak lulus. wkwkwk sedih sih  pengen banget bisa ikutaaaaaaan T____T

Lagi-lagi hari-hari gue jalani dengan ngepo nuklir meski tidak dalam bidangnya. Bahkan semakin benci mata kuliah macam Mekanika Kuantum -_________-" Gak kerasa udah 4 semester gue menyandang sebutan "anak Batan". Sekitar bulan Mei, saat para 'sesepuh' anak Batan udah mulai banyak yang sidang skripsi, tercetus lah pembentukan Kommun di UI dan mengadakan Oprec anggota besar-besaran se UI di tanggal 15.5.15 wahahah.
di Kommun UI ini gue jadi koordinator bidang multimedia. Bersyukur rada kenal sama Photoshop, meski yaaa desain-desain gue gak pernah memukau tapi setidaknya bisa ngasih manfaat, insyaaAllah. Dari hasil Oprec gue dapet 7 anggota yang memilih/dipaksam memilih multimedia. wkwkwk

yaps, begitulah cerita mila dan nuklir. entah apa maksud dan tujuan Allah "menaruh" mila di dunia nuklir ini. Pasti, pasti ada alasannya!
Warna baru, keluarga baru, dunia baru, yang atas berkat rahmat Allah, Sang pemilik rencana dan keputusan super dahsyat, memberi mila kesempatan untuk melihat ciptaan-Nya yang sangat luas dan megah, tanpa harus mila minta, bahkan gak  mila bayangkan sebelumnya. Semoga dengan ini mila selalu sadar bahwa Allah sangat amat sayang sama mila lebih dari diri mila sendiri. Alhamdulillah :")

So, cerita apaan mil yang bikin lo gak move on?
well, karna postingan ini sudah cukup panjang, jadi ku putuskan untuk bikin postingan baru setelah ini. khusus menceritakan tentang hal gokil yang gue alami di dunia nuklir. hahaha

dadaaaah....

0 komen:

Post a Comment

waktunya komentaaar