Copyright © Cerita Mila
Design by Dzignine edited milaizzatul
Monday 11 July 2011

closed

hari ini, hari yang gak akan pernah gue lupa.
hari yang beraaaaat banget bagi gue
hari yang bener-bener bikin air mata gue abis.

ya, gambar dibawah ini cuma tinggal kenangan aja. Mimpi yang gak pernah terwujud selamanya. heem mungkin gue selama ini cuma membangun mimpi bukan membangun realitas.
gue bingung gue harus cerita dari mana, yang jelas gue masih sakit banget hari ini. sakit banget.
ya gimana sih rasanya angan-angan yang udah lo susun dari dua tahun yang lalu tiba-tiba lenyap dalam dua detik.
gimana sih rasanya lo udah ngelaluin perjalanan yang sangat jauh dan sangat melelahkan demi satu tujuan, eh ternyata tujuan itu gak pernah ada dan lo harus terus berjalan di jalan yang berbeda.
gimana sih rasanya lo udah susah payah, berusaha kesana kemari mencari sebuah kunci, ternyata pintu nya aja gak pernah kebuka buat lo.

satu jawaban! nyesek banget.

Minggu lalu itu emang minggu-minggu genting,
Minggu yang dimana setiap harinya gue selalu dapet isu tentang pengumuman seleksi OSN 2011. 
Capek rasanya jantung gue buat berdegup setiap gue baca/denger "pengumuman udah keluar sebenernya" atau "besok pengumuman wey!" atau "kemungkinan minggu depan baru pengumuman."
HAH?!@# tega banget orang yang sok tau bikin berita. Gak punya hati sama sekali!

dan kemarin malem gue coba online, gue lihat kak Gwyn online. Semenjak gue tau apa yang dia perbuat saat detik-detik menjelang pengumuman OSN tahun lalu, gue ngerasa takjub dan perlu ngegalau sama dia.
hari itu gue udah kayak orang yang gak punya agama lagi saking gelisahnya.
gue cerita panjang lebar tentang apa yang gue pikirin dan apa yang gue rasain hari itu. Gue bener-bener kacau dan kalo dipikir-pikir, gue sebenernya cerita lebih kepada diri gue sendiri dari pada ke kakak yang satu itu. dan gue pun diem waktu gue ditanya :


btw, lo ikut osn astro buat apa mil? 
*ini yang ditanya pa wid ke adli dan gue 1 tahun lalu.

  • jeng jeeeeeng, gue bingung. tau tau langsung ada yang bilang "NOH! MIL!! APAAN?!@#$ TAU DIRI DONG KALO MINTA!! LO MINTA LOLAS LOLOS LOLAS LOLOS TAPI TUJUAN LO SENDIRI AJA BELOM TENTU BENER!! ISH JANGAN KAN BENER ATAU SALAH DEH, LO TAU GAK TUJUAN LO APA?!@#$"
  • nohok banget!

dan gue jawab aja


astaghfirullah, saya gak tau kak. *pparah ya 
abisnya saya ikut osn itu kebetulan
bisa dibilang karna kecelakaan doang
tapi herannya sekarang malah ketergantungan 
karna dr osn saya kenal HAAJ, FOSCA, FPA
  • meski gue sendiri mikir itu bukan jawaban. hemmfts.

gue heran kenapa OSN jadi kayak penentuan hidup dan mati gue sih? mungkin karna gue yang terlalu obsesi tanpa memperhitungkan kemampuan gue sendiri. 


lanjut ke hari ini, 
ini hari pertama gue memasuki semester 5 di SMA.
jam 9 pagi.
gue nekat buka grup Gopanosan dan Ikhsan (alumni osn 2010) bilang kalo pengumuman besok dan dia berani jamin kalo itu bukan hoax. waktu postingannya itu 11 hours ago.
artinya, pengumuman hari ini!

sip! konsen belajar gue langsung bubrah! buyar!
gue sebangku sama Zia, dia juga senasib sama gue tapi dia di bidang biologi. gue heran, dia bisa tenang dan gak segelisah gue. tepatnya dia lebih tau diri dari pada gue. katanya, dia yakin gak lolos. padahal bagi gue dia udah dewa banget.

jam 9 itu (gue yang bawa laptop+modem) langsung buka siswapsma.org , dan baru matematika yang keluar.
sampe' istirahat pertama jam 09:30 pengumuman baru matematika doang yang keluar. Ya Allah............
gue sholat dhuha dan selesai sholat diri gue bilang "mil, lo masih percaya kan kalau Allah lebih tau dari pada lo?"

gue berusaha buat konsen ke pelajaran sekolah sampe' istirahat ke 2. jam 12:00 Irfan (temen sekelas gue yg anak osn ekonomi2010) bilang kalo pengumuman udah keluar semua.

jantung gue mulai beraksi, gue buka website itu lagi dan gue download pengumumannya. Astronomi (yang depannya A) ada di paling atas. 
si Zia udah ngebet banget liat pengumuman astro, sedangkan gue berusaha keras meyakinkan diri gue untuk kemungkinan terburuk. jantung gue bener-bener diluar kendali sekarang dan pas ke buka.   .   .   .   .   .   .   .   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   ..   .   .   .   .   .   .
gue ngerasa jantung gue langsung berubah drastis jadi normal waktu gue ngeliat gak ada tulisan SMAN 48 di kolom sekolah.
entah kenapa gue ngerasa biasa aja. "tuh kan gak lolos. hahah" gue sempet ketawa ikhlas sebelum meng-close. dan gue ngerasa yaaaa ya udah, selesai. biasa aja. FOKUS BUAT PTN!!!!!

tapi semuanya langsung berubah waktu gue ngedenger suara.
"mil, mana nama lo?"
"lolos kan mil?"
"mana! mana! 48!"
"yaaaah, kok gak ada 48-nya?"
"yah, mil gak lolos?"

setiap kata kayak gamparan bagi gue.
gue mulai tercekat waktu bilang "nggak, gue gak lolos. Allah gak ngizinin ternyata."
gue berusaha buat gak nangis waktu itu. tapi suara-suara itu makin banyak dan makin banyak yang ngeriung di sekeliling gue.
dan gue akhirnya nyerah buat nahan tangis gue waktu seseorang megang pundak gue sambil bilang "sabar ya mil, jangan sedih."
dan gue bilang, "nggak! gue gak sedih!" gue ulang-ulang kata-kata gue padahal air mata gue udah kemana-mana sampe pada akhirnya gue harus nangis sejadi-jadinya.

gue turun ke Masjid buat sholat dzuhur. gue bener-bener nangis sampe' air mata gue berenti. itu cara gue buat nenangin diri. "gue gak lolos, dan gue kuat!"
di koridor sekolah, nyokap gue telepon. Ngedenger suara nyokap gue + nyokap gue bilang "ya udah, gak papa gak lolos juga." gue nangis lagi dan gue harus bohong sama nyokap gue kalo gue baik-baik aja dan gak nangis. maaf mama.

trus ada adek kelas gue nanyak.
"gimana kak? manado kan?"
DEG!!
"emmm, nggak. he.he.he"
"BOONG! ah kak Mila mah serius!"
JEDER!! kejam banget
"ssserius." gue langsung pergi takut nangis lagi. gue tarik nafas "mil! lo kuat! dan lo harus bisa ikhlas!"

waktu pulang sekolah gue ke Masjid dulu ada Syuro (rapat) Rohis ngomongin IFTOR48.
Bendahara Ikhwan IFTOR (partner gue sesama bendahara) ternyata lolos dari bidang kebumian.
dengan perasaan yang sakiiiiit banget (dari balik hijab) gue paksa buat bilang
"Racha! cie manadoooo. jangan pulang ya kalo gak bawa medali! awas lo!" GLEK!
"hahahah. yah mil kok lo gak lolos?" air mata gue mulai menggenang. dan memuncak waktu gue denger suara kedua bilang
"MIL!! AAAAAAAKH!! KOK LO BISA GAK LOLOS SIH!! PADAHAL GUE NGEJAGOIN ELOOOOO!!!"
dari balik hijab gue nangis lagi, gue cuma bisa bilang "Chen, sumpah lo jahat banget. lo bikin gue nangis lagi." gue menjauh dari hijab dan nenangin diri gue . tega banget sih temen gue itu.
setelah gue tenang, gue lanjut syuro ngurusin duit sama Racha.

sepanjang hari merenung terus.
dan gue tau, lolos/tidak lolos bukan secara langsung bikin gue sedih. tapi gue sedih karena ngeliat kekecewaan dari orang-orang yang udah ngedukung gue dan percaya sama gue.


sebelum tes OSP aja gue udah yakin nggak akan lolos, waktu sebulan gue pikir bisa untuk bener-bener gak berharap, tapi setiap ada yang bilang "semoga lo lolos mil!" itu bikin gue berharap meskipun gue sendiri gak yakin sama kemampuan gue. MEREKA GAK TAU SEBERAPA KEMAMPUAN GUE!!!!!


Dan barusan setelah sholat isya', dalam hati gue mendengar, "mil, lo masih percaya kan kalau Allah lebih tau apa yang pantas untuk lo?" 


Ya Allah.......
Ajari hamba-Mu yang bodoh ini

1 komen:

  1. nasib kita sama kok mil,dosekolahku aj dr 24 pserta yang cm lolos ke dki cm 2 org doank, do sekolah aku ud dianggep dewa sm temen2,pada ngejagoin aku, bhkan sr smnngu sblum lomba dki didoain bersama dipimpin sm gur,tapi gagal heheh....

    ReplyDelete

waktunya komentaaar